Jendela Indonesia

Motivate young generation to be success in internet era

Sukses Story: Nanda Marwali Ph.D bekerja di USA mempunyai 3 paten UPS (Uninterupt Power Suply)

Posted by jendelaindonesia pada November 23, 2008

Kira-kira seminggu yang lalu, saya ketemu teman-teman yang pernah saya sebut namanya pada mailing list wartabatan, teman alumni di IIT Chicago yaitu sdr Jakob (Jack) Purwono, Dirjen Listrik Dep. ESDM dan Sdr. M. Cita Marwali, bekerja di ABB sebelumnya di Silicon Valley, California, kini di ABB New York (dia eks BPPT). Kami berempat dengan teman lain Tunggul Birowo (MSc dari MIT, kemudian melanjutkan ke IIT), bekerja di perusahaan energi di Indonesia.

Kami bertemu di Mr. Bean, Citos. Banyak hal yang dibicarakan, termasuk masalah energi, PLN yang mandul karena tidak kompetitif dan monopoli (karena UU ttg PLN), dll. Dari Pembicaraan, suatu atmosfir yang dapat saya rasakan adanya keinginan kawan-kawan tersebut berkontribusi menghadapi masalah energi Indonesia. sdr. Cita, yang umurnya relatif masih sangat muda saat ini dapat dikatakan secara financial sudah mapan, gaji (dia dan istrinya) mencapai $500.000/tahun, tetapi masih menginginkan untuk kembali ke Indonesia, bekerja di pemerintahan dan berkontribusi untuk negara.

Tetapi melihat kultur Indonesia dimana faktor network (partai, klik, inner circle) lebih penting dari kompetensi seseorang, maka sangat sulit baginya untuk berperan misalnya di PLN. Hal ini sangat berbeda dengan support China terhadap peraih penghargaan solar cell tahun ini (asal china, tetapi warga negara Australia) yang pernah saya tulis pada mailing list ini. Karena support China dengan modal dan fasilitas, dia menjadi satu diantara yang terkaya di dunia versi Forbes. Perusahan-nya saat ini listing di New York Stock Exchange dengan simbol LDK. Peristiwa, seperti dipanggilnya Habibie dari Jerman oleh Soeharto sepertinya sangat sulit kembali terjadi di Indonesia.

Selain Sdr.Cita Marwali, dua orang adiknya juga bekerja di USA. Satu orang Dokter ahli bernama Muhammad Reza Marwali, satu lagi Nanda Marwali seperti kakak-nya Cita Marwali memperoleh Ph.D di bidang Electro. Sdr. Nanda Marwali saat ini mempunyai penemuan yang digunakan pada UPS (Uninterupt Power Supply).Ada 3 nomor patent atas namanya yang terdaftar pada kantor patent USA. Anak-anak Pak Marwali Harahap, ahli penyakit kulit di USU Medan dan ibu Sarjana Farmasi, asal Padang adalah contoh sukses warga Negara Indonesia yang bekerja di USA.

Syafedi Syafei, Ph.D

Satu Tanggapan to “Sukses Story: Nanda Marwali Ph.D bekerja di USA mempunyai 3 paten UPS (Uninterupt Power Suply)”

  1. drg. Erry Rahardiarto said

    wah salut!! klo jadi dentist di USA kira2 jalurnya gimana ya?? ada info?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: